Ketentuan Lomba Debat PENTA 2012

Ketentuan lomba debat PENTA 2012 juga tidak banyak mengalami perubahan dibanding ketentuan  serupa pada 2010. Selengkapnya, inilah ketentuan Lomba Debat PENTA 2012.

Peserta dan Pendamping

  1. Siswa SMA/SMK/MA se-Jawa Barat.
  2. Tim debat terdiri dari 3 orang.
  3. Siswa kelas X, XI, XII.
  4. Setiap sekolah HANYA BOLEH mengirimkan MAKSIMAL 2 tim debat.
  5. Apabila sebuah sekolah mengirimkan lebih dari 1 tim debat, maka guru pembimbing seyogianya juga berlainan (tidak merangkap).
  6. Peserta lomba debat, tidak boleh merangkap sebagai peserta lomba artikel.
  7. Seluruh peserta/pendamping akan memperoleh sertifikat.

Tema Wajib

  1. Peserta HARUS mempelajari semua tema debat: ◦ Merevitalisasi semangat Nasionalisme dan bela negara; ◦ Cinta tanah air dan modal dasar pembangunan bangsa; ◦ Menguatkan nilai-nilai Negara Kesatuan RI dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika.
  2. Sejak babak penyisihan hingga final, panitia akan menggunakan tiga tema yang sudah ditetapkan sebagai bahan debat. Tema akan terus berganti, namun tetap mengacu pada ketiga tema di atas, dalam setiap putaran debat.

Pendaftaran Peserta

  1. Pendaftaran peserta debat dilaksanakan dengan mengirimkan formulir pendaftaran yang sudah diisi lengkap ke Panitia Lomba hingga tiga hari menjelang hari H lomba ATAU hingga jumlah peserta lomba debat sudah mencapai 40 TIM. Jika jumlah peserta debat sudah 40 tim, maka pendaftaran langsung DITUTUP meskipun belum sampai batas waktu penutupan seperti ketentuan semula (H minus 3).
  2. Bagi sekolah yang mendaftarkan peserta pada hari technical meeting dapat langsung mendaftarkan dua tim. Setelah technical meeting hanya bisa mendaftarkan satu tim utama terlebih dahulu.

Format Debat

  1. Peserta/tim debat yang sudah terdaftar akan mengambil nomor undian pada saat registrasi ulang Pk.08.00 – 09.00.
  2. Debat ini menggunakan sistem peringkat atau RANKING.
  3. Setiap putaran debat akan bertanding 2 – 4 tim SMA yang saling berhadapan dengan durasi 15 – 30 menit, tergantung jumlah peserta.
  4. Seorang moderator akan memandu di setiap putaran lomba debat.
  5. Dalam setiap sesi debat, Moderator dan Dewan Juri akan menguji peserta dengan berbagai pertanyaan yang relevan dan saling dikonfrontasi dengan tim peserta lain.

Simulasi Putaran Debat
Simulasi skema pertandingan adalah sbb:
◦ Jika 20 Tim, maka akan berhadapan langsung tiap putaran terdiri dari 2 tim.
◦ Jika 30 Tim, maka akan bertanding tiap putaran adalah tiga tim.
◦ Jika 40 Tim (maksimal), maka akan saling berhadapan 4 tim dalam satu putaran.
◦ Jika 26 Tim, maka dibuat skema bertanding menjadi: 3 – 3 – 3 – 3 – 3 – 3 – 2 – 2 – 2 – 2. Demikian dan seterusnya.

Pembagian Babak Debat

  1. Pada babak penyisihan, akan diambil 10 tim dengan peringkat tertinggi/terbaik, untuk selanjutnya maju ke babak Semifinal keesokan harinya.
  2. Pada babak semifinal, akan diambil 3 tim terbaik dengan peringkat tertinggi untuk maju babak Final.

Teknis Debat

  1. Debat dipimpin oleh seorang moderator.
  2. Setiap putaran debat akan menyajikan dua sampai tiga tema yang diajukan oleh moderator.
  3. Debat dibagi menjadi tiga sesi (segmen). Sesi I adalah sesi moderator. Pada sesi ini, moderator akan meminta setiap tim menyampaikan statement awal selama 3 menit atas satu pertanyaan/pernyataan yang disodorkan oleh moderator.
  4. Sesi II, adalah sesi pendalaman Dewan Juri. Pada sesi ini, salah satu juri mengajukan pertanyaan untuk dijawab masing-masing tim. Lama waktu setiap tim menjawab pertanyaan dari juri adalah maksimal 3 menit.
  5. Sesi III, kembali ke moderator yang disebut sebagai Sesi Debat Bebas. Pada sesi ini, moderator akan mengajukan satu pertanyaan atau pernyataan yang akan diperdebatkan secara bebas oleh para peserta, dengan sistem rebutan (siapa cepat dia mendapat giliran pertama menjawab). Lama waktu Sesi Debat Bebas tiap putaran adalah antara 6 – 10 menit.
  6. Setiap pendapat memperoleh apresiasi sama. Tidak ada vonis benar atau salah dalam berpendapat atau berdebat. Juri akan menilai dari sisi substansi pendalaman masalah dan logika solusi yang ditawarkan, serta gaya komunikasi yang ditampilkan oleh peserta. Termasuk soal etika dalam berbicara.
  7. Agar tidak muncul potensi saling menjiplak argumentasi, moderator dan juri akan menyusun dan melontarkan isu-isu berdasarkan sub tema/topik yang berlainan dari kelima topik utama yang diperdebatkan.
  8. Selama perdebatan, para peserta diwajibkan menggunakan bahasa Indonesia yang baku, dan bukan bahasa daerah apalagi bahasa “gaul”.

Supporter

  1. Peserta debat boleh membawa tim supporter dari sekolah masing-masing.
  2. Jumlah supporter yang masuk ke ruangan debat maksimal dibatasi 5 orang (diluar peserta debat).
  3. Jika supporter lebih dari 5 orang maka diberlakukan sistem giliran ketika masuk ruangan debat.
  4. Supporter boleh memberi semangat (tepuk tangan/spanduk/umbul-umbul) asal tidak melanggar etika pada saat debat berlangsung.
  5. Supporter dilarang mengejek/menghina yang ditujukan kepada tim debat yang sedang bertanding.
  6. Supporter dilarang keras membantu memberikan jawaban kepada tim sekolahnya pada saat bertanding.

Juri dan Penilaian

  1. Tiga dewan juri debat berasal dari Kementerian Pertahanan, Akademisi Perguruan Tinggi, dan Serikat Perusahaan Pers (SPS) Pusat.
  2. Kriteria Penilaian Debat meliputi Penguasaan masalah/tema (40%); Logika pendapat yang dikemukakan (30%); dan Penampilan, meliputi intonasi & gaya bicara (30%).
  3. Skor debat antara 10-100 kemudian dikalikan dengan bobot masing-masing kriteria.
  4. Juri akan menentukan 10 nominator (diumumkan tanggal 25 September 2012 sore) yang selanjutnya akan maju ke Babak Semifinal keesokan harinya, 26 September 2012. Pada babak semifinal, akan ditentukan tiga pemenang untuk maju ke babak final dan pada akhirnya akan diperoleh satu pemenang utama.

Pemenang

  1. Panitia akan memberikan hadiah bagi 3 pemenang (sertifikat, trophy, dan uang pembinaan) dan sertifikat serta hadiah hiburan bagi 7 nominator.
  2. Pemenang I – III Lomba Debat di dan 1 (satu) orang guru pendamping, akan diundang ke Jakarta untuk beramah-tamah dengan Menteri/Pejabat Kementerian Pertahanan RI. Seluruh biaya perjalanan ke Jakarta ditanggung oleh Panitia Lomba.

TIPS Bagi Peserta

  1. Seluruh peserta lomba debat maupun artikel yang maju pada babak penjurian, saat tampil di depan juri harus mengenakan seragam sekolah masing-masing.
  2. Bahan-bahan yang bisa dimanfaatkan dalam menyusun artikel maupun untuk bahan debat, bisa diakses lewat situs web berikut: http://www.kemhan.go.id. Atau diperoleh dari berbagai sumber dan literatur, serta media massa.
  3. Untuk meringankan beban belajar dalam perdebatan, seyogianya tiga tema yang akan dijadikan bahan perdebatan, proses pembelajarannya dibagi kepada setiap anggota tim.

4 thoughts on “Ketentuan Lomba Debat PENTA 2012

    • Hallo Danang… Pendaftarannya nanti akan dilakukan oleh Koordinator Daerah dari Kementerian Pertahanan yang berada di setiap propinsi. Nanti kami akan tanyakan, jika kontak setiap Koordinator Daerah bisa dipublish di blog ini, tentu akan kami posting segera. Terima kasih…

  1. masih bingung dengan ketentuannya,, berarti ini tidak seperti debat2 yang biasanya kan? alias tidak ada team negatif ataw positifnya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s